Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 25 November 2012

5R : Reduce, Reuse, Recycle, Replace, Repair

Go Green sendiri bisa dilakukan dengan 5R, yaitu :
  • Reduce berarti kita mengurangi sampah yang kita hasilkan atau mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Reduce dilakukan dengan cara : kurangi belanja barang-barang yang kamu yang tidak “terlalu” dibutuhkan seperti baju atau celana baru, aksesoris-aksesoris, kurangi penggunaan kertas tissue dengan menggantinya dengan sapu tangan karena akan dapat dipakai ulang dengan mencucinya, kurangi penggunaan kertas di kantor dengan melakukan print preview sebelum mencetak, biasakan membaca koran online, karena semua itu nanti ujung-ujungnya akan menjadi sampah.
  • Reuse sendiri berarti menggunakan kembali seperti baju lama kamu bisa digunakan kembali dengan merubah model atau menambah kain dari baju-baju bekas yang akhirnya kelihatan menarik dan kamu bisa pakai kembali atau baju lama kamu bisa  kamu berikan kepada orang lain yang membutuhkan.
  • Recycle adalah mendaur ulang barang. Paling mudah adalah mendaur ulang sampah organik di rumahmu, misalnya  bekas botol plastik air minum bisa kamu gunakan sebagai pot tanaman, atau kamu bisa juga mendaur ulang kertas bekas untuk digunakan sebagai bahan kerajinan. Pernahkah kamu melihat tempat yang berdampingan dengan tulisan Organik dan Anorganik? Tujuannya adalah sebisa mungkin kamu bisa memisahkan sampah organik (biasa disebut sebagai sampah basah) dan sampah anorganik (sampah kering). Sampah organik adalah sampah yang terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang berasal dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan, rumah tangga atau yang lain. Sampah ini dengan mudah diuraikan dalam proses alami. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik, misalnya sampah dari dapur, sayuran, kulit buah, dan daun. Sampah jenis ini dapat terdegradasi (membusuk/ hancur) secara alami. Sedangkan sampah anorganik berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi, atau dari proses industri. Beberapa dari bahan ini tidak terdapat di alam seperti plastik dan aluminium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedang sebagian lainnya hanya dapat diuraikan melalui proses yang cukup lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga, misalnya berupa botol kaca, botol plastik, tas plastik, dan kaleng.
  • 4. Replace, yaitu mengganti atau menghindari barang yang sekali pakai dengan barang yang bisa dipakai berulang-ulang. Misalnya membawa kantong sendiri saat belanja. Cara tersebut efektif untuk mengurangi sampah plastik dari bungkus belanjaan.
    5. Repair, yaitu memperbaiki barang-barang yang rusak agar dapat dipakai lagi. Dengan langkah tersebut, Anda tak perlu membeli barang-barang baru lagi. Karena barang lama masih bisa dipakai.


    Referensi: http://www.sudahtahu.com/2012/04/06/8775/menerapkan-gaya-hidup-go-green-dengan-5-r/#ixzz2DETY59ly
    Replace yaitu mengganti atau menghindari barang yang sekali pakai dengan barang yang bisa dipakai berulang-ulang. Misalnya membawa kantong sendiri saat berbelanja. Cara tersebut efektif untuk mengurangi sampah plastik dari bungkus belanjaan.
  • Repair yaitu memperbaiki barang-barang yang rusak agar dapat dipakai kembali. dengan langkah tersebut, kamu tak perlu membeli barang-barang baru lagi karena barang lama masih bisa dipakai.
    Replace, yaitu mengganti atau menghindari barang yang sekali pakai dengan barang yang bisa dipakai berulang-ulang. Misalnya membawa kantong sendiri saat belanja. Cara tersebut efektif untuk mengurangi sampah plastik dari bungkus belanjaan.

    Referensi: http://www.sudahtahu.com/2012/04/06/8775/menerapkan-gaya-hidup-go-green-dengan-5-r/#ixzz2DETfsNDN
    4. Replace, yaitu mengganti atau menghindari barang yang sekali pakai dengan barang yang bisa dipakai berulang-ulang. Misalnya membawa kantong sendiri saat belanja. Cara tersebut efektif untuk mengurangi sampah plastik dari bungkus belanjaan.
    5. Repair, yaitu memperbaiki barang-barang yang rusak agar dapat dipakai lagi. Dengan langkah tersebut, Anda tak perlu membeli barang-barang baru lagi. Karena barang lama masih bisa dipakai.


    Referensi: http://www.sudahtahu.com/2012/04/06/8775/menerapkan-gaya-hidup-go-green-dengan-5-r/#ixzz2DETY59ly

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar